Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Sample text

Social Icons

Sabtu, 11 Agustus 2012

Asiknya Presentasi dengan Mobile Mouse Lite


Kegiatan belajar mengajar di kelas itu kadang bisa membosankan. Cara mengajar bisa jadi faktor yang paling berperan untuk menentukan suasana kelas. Pengajar yang sekedar duduk bacain buku sementara murid cuma pasif mendengarkan, pasti ngebetein banget, buat muridnya, juga gurunya. Iya apa iya? Iya dong, kalo muridnya bete dan ga semangat, gurunya kan juga jadi males. Sebaliknya, guru bisa jadi tambah semangat kalo liat anak didiknya perhatian, tertarik sama materi yang dibawakan dan interaktif. Ada banyak cara yang bisa bikin suasana kelas lebih hidup. Salah satunya dengan membawakan materi menggunakan MS Power Point. Tentunya slide dibuat semenarik mungkin. Bukan cuma tampilin tulisan-tulisan, tapi juga dibuat dengan animasi-animasi dan gambar-gambar yang mencuri perhatian.

Nah aku paling suka nih mainin power point, bikin-bikin slide, dan tampil dengan slide buatan sendiri. Udah hobi dari jaman kuliah, ngga tau kenapa, seru aja. ;)) Bakal lebih seru lagi kalo aku bisa bebas bawain presentasi di tengah-tengah kelas, tanpa harus bulak-balik ke meja guru cuma buat mindahin slide. Dan yay! My wish can be granted by my smart phone! \:D/ Ada aplikasi android yang bisa mengendalikan kursor mouse dari jarak jauh, Mobile Mouse Lite by RPA Technology. Beruntung tempatku ngajar udah difasilitasi WIFI, jalur yang dibutuhkan untuk mengkoneksikan aplikasi ini dengan laptop.

Cara makenya gampang.
  • Install aplikasinya di ponsel Android
  • Download dan install servernya dari www.mobilemouse.com ke laptop
  • Jalankan server, nanti muncul jendela “Server Setting” [lihat gambar], liat IP addressnya. Masukin password bila perlu. Klik Apply > Done.
  • Jalankan aplikasi di ponsel. Pencet menu > Servers > sesuaikan IP address dan portnya dengan IP yang tampil di Server Setting laptop > Done.
  • Titik merah kecil di pojok kiri atas akan berubah jadi hijau jika ponsel dan laptop sudah terkoneksi

   

Mainin deh mouse jarak jauhnya. Toggle View-nya bisa dipilih, mau ada keyboard atau full mouse. Untuk presentasi menggunakan power point, aku pake toggle view yang ada keyboardnya. Aku bisamajuin slide/animasi berikutnya dengan menyentuh huruf “N” atau “space” atau klik di mouse padnya. Sedangkan untuk mundur ke slide/animasi sebelumnya cukup colek huruf “P” atau “backspace”. Uye! Makin cinta sama ponselku yang satu ini :x . Lupakan rencana beli pointer. :DAplikasi ini bisa digunakan juga sebagai keyboard jarak jauh loh. Pas buat bumil yang mau ngetik sambil tiduran tanpa harus mangku laptopnya di perut. Hihihi.

Sebenernya banyak aplikasi sejenis, kebetulan aplikasi ini yang berhasil aku pakai setelah gagal coba-coba yang lain. Mungkin temen-temen pernah install dan berhasil pake aplikasi lain sejenis yang lebih ok fiturnya dari yang ini? Jangan sungkan buat kasih info ya. Aku bakal seneng dengernya, terutama kalo aplikasi itu bisa pake koneksi bluetooth.

taken fromhttp://blognya.afiynih.com/2012/05/10/asiknya-presentasi-dengan-mobile-mouse-lite/

0 komentar:

Posting Komentar